Analisis Metode Antrian Pada Loket Pendaftaran Pasien Di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan (Studi Kasus: Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Metode Antrian Pada Loket Pendaftaran  Pasien Di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan
(Studi Kasus: Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan)

Analisis Metode Antrian Pada Loket Pendaftaran Pasien Di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan (Studi Kasus: Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan)

Pengarang : Vikram Nur Saputra - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model antrian yang diterapkan pada sistem pelayanan Rumah Sakit Umum Kota Tarakan serta menganalisis penerapan model antrian pada Rumah Sakit Umum Kota Tarakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Sistem antrian yang diterapkan Rumah Sakit Umum Kota Tarakan yaitu dengan menggunakan sistem antrian Multychannel Single Phase (M/M/S) yakni adanya dua fasilitas pelayanan yang dapat dilakukan pelayanan secara bersama pada saat yang sama dengan satu stasiun pelayanan. Berdasarkan hasil perhitungan sistem antrian yang berlangsung untuk 2 karyawan di loket pendaftaran pada Rumah Sakit Umum Kota Tarakan diketahui bahwa kemungkinan tidak adanya pasien dalam system adalah sebesar 0,102%, jumlah pasien rata-rata dalam system adalah sekitar 485,5 orang, waktu rata-rata yang dihabiskan seorang pasien dalam antrian atau sedang dilayani (dalam system) adalah 1,00103093 jam, jumlah orang/pasien yang menunggu dalam antrian sebesar 483,5 orang dan waktu rata-rata yang dihabiskan oleh seorang pasien untuk menunggu dalam antrian adalah 0,9990721 jam.

Kata Kunci : Model Antrian M/M/S, Teori Antrian, Rumah Sakit

The study aims to determite the application of the queuing model applied to the Tarakan City General Hospital sevice system and to analyze the application of the queuing model to the Tarakan City General Hospital. The data collection technique used is observation. The queuing system implemented by the General Hospital of Tarakan City is using a queuing system Multichannel Single Phase (M/M/S) the existence of two facilities taht can be serviced together at the same time with one service station. Based on the result calculation of the queue system that take place for 2 employees at the registration counter at the Tarakan City General Hospital, it is known that the probability of not having a patient in the system is 0.0102%, the average number of patient in the system is around 485,5 people,the average time spent by a patient in the queue or being served (in the system) is 1.00103093 hours, the number of people/patient waiting in the queue is 483.5 people and the average time spent by a patient waiting in the queue is 0.9990721 hours. Keyword: M/M/S Queuing Model, Queuing Theory, Hospital

Detail Informasi