
Keefektifan Metode SQ3R (Survey, Question, Reading, Recite, And Review) Dalam Pembelajaran Membaca Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Febe Roza - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode SQ3R (Survey, Questions, Reading, Recite, and Review) dalam pembelajaran membaca teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini laksanakan pada bulan Juli 2018 di SMP Negeri 3 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan sejumlah 288 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 64 siswa. Data analisis dengan menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 21.0 for windows. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test diperoleh thitung 3,934 pada taraf signifikan a = 0,05 dan dk = 62 diperoleh nilai ttabel 1,669 berarti thitung ? ttabel (3,934 ? 1,669) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SQ3R (Survey, Question, Reading, Recite, and review) efektif terhadap pembelajaran membaca teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Penggunaan metode SQ3R membuat siswa lebih antusias dan lebih aktif dalam proses pembelajaran berbeda dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Proses pembelajaran pada kelas eksperimen berpusat pada siswa, siswa yang lebih aktif dan guru hanya sebagai fasilitator. Sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran berpusat pada guru dan siswa cenderung lebih pasif karena hanya mendengarkan dan tidak mandiri pada saat proses pembelajaran.
Tidak Tersedia Deskripsi