Pengembangan Buku Teks Berbasis Literasi Budaya Intimung Di SMP Negeri 2 Malinau | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Buku Teks Berbasis Literasi Budaya Intimung Di SMP Negeri 2 Malinau

Pengembangan Buku Teks Berbasis Literasi Budaya Intimung Di SMP Negeri 2 Malinau

Pengarang : Fadli - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk buku teks berbasis literasi budaya Intimung di SMP Negeri 2 Malinau dan menghasilkan produk buku teks berbasis literasi budaya Intimung yang efektif dari aspek kelayakan dan keefektifan. Prosedur penelitian dan pengembangan ini meliputi sepuluh langkah model prosedural penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi dari Borg dan Gall antara lain; (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi uji coba lapangan, (8) uji lapangan, (9) revisi produk akhir, (10) desiminasi dan implementasi. Prosedur pengembangan selanjutnya diadaptasi oleh Setyosari menjadi tujuh tahapan saja di antara sebagai berikut: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi Produk, (6) uji coba lapangan dan (7) revisi produk akhir. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Setyosari (2013) yang dibatasi sampai pada tahap ke tujuh. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa, angket validasi ahli desain, angket respon guru, angket respon siswa. Hasil penelitian uji validasi dari ahli materi penyajian buku melalui angket oleh ahli materi berdasarkan tiga indikator hasil penilaian ahli materi buku kesesuain materi mendapat 87%, hasil penilaian ahli materi buku keakuratan materi mendapat 75%, hasil penilaian ahli materi pada penyajian buku mendapat 83%. Data yang diperoleh dari kesesuaian materi, keakuratan materi, dan penyajian buku, jika digabungkan dari kesepuluh indikator tersebut memperoleh persentase sebesar 82%. Persentase dari ahli bahasa mencapai 85%, dan ahli desain mencapai 95%. Hasil uji lapangan dari hasil respon guru terhadap buku teks berbasis literasi budaya Intimung sebesar 85% dan respon siswa sebesar 97%. Uji coba produk yang dikembangkan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Malinau. Hasil penelitian dan pengembangan buku layak digunakan dalam pembelajaran literasi di sekolah.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi