Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas VII Di SMP Negeri 4 Tarakan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Taksonomi Bloom Ranah Kognitif) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas VII Di SMP Negeri 4 Tarakan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Taksonomi Bloom Ranah Kognitif)

Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas VII Di SMP Negeri 4 Tarakan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Taksonomi Bloom Ranah Kognitif)

Pengarang : Sindy Pokkombong - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Teknik pengumpulan data yaitu berupa dokumentasi dan wawancara. Teknik dokumentasi adalah cara untuk mengumpulkan data penelitian yang didapatkan dari dokumen berupa soal penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran kelas VII di SMP Negeri 4 Tarakan sehingga menjadi alat pendukung suatu penelitian. Teknik wawancara adalah mewawancarai informan secara langsung untuk memperjelas permasalahan penelitian dan cara untuk memperoleh informasi-informasi dalam bentuk pernyataan suatu peristiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan menganalisis sebaran soal dan mengetahui persentase sebaran ranah kognitif Taksonomi Bloom pada soal penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 4 Tarakan dengan jumlah 40 butir soal pilihan ganda Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari naskah soal penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Pelajaran 2021/2022. Data dalam penelitian ini adalah hasil analisis soal penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jumlah soal yang dianalisis sebanyak 40 butir soal yang terdiri dari pilihan ganda. Analisis data dilakukan berdasarkan ranah kognitif dan kata kerja operasional Taksonomi Bloom. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa soal penilaian akhir semester ganjil kelas VII mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Tarakan tahun ajaran 2021/2022 terdiri dari ranah kognitif C1, C2, C3, C4, dan C5 yang lebih didominasi oleh C1 (pengetahuan) sebanyak 65% (26 butir soal), C2 diperoleh 17,5% (7 butir soal), C3 diperoleh 7,5% (3 butir soal), C4 diperoleh 7,5% (3 butir soal), dan C5 diperoleh 2,5% (1 butir soal). Distribusi hasil soal LOTS dan HOTS pada soal penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 4 Tarakan, menunjukkan soal LOTS C1-C3 di peroleh 90% (36 butir soal) dan pada Soal HOTS C4-C6 menunjukkan 10% dengan soal sebanyak (4 butir soal).


Kata Kunci: Analisis Soal, Ranah Kognitif, Taksonomi Bloom

The data collection technique in this research was in the form of documentation and interviews The documentation was collected from documents in the form of odd semester final assessment test items of class VII of SMP Negeri 4 Tarakan. The interview technique was conducted by directly interviewing the informants to clarify problems and ways to obtain information in the form of statements. This research aimed to describe the distribution of test items and to find out the percentage distribution of the cognitive domain of Bloom's Taxonomy of the odd semester final assessment test items of Indonesian language subject for Grade VII at SMP Negen 4 Tarakan with a total of 40 multiple choice items in the 2021/2022 Academic Year This type of research employed a qualitative approach. The source of data was obtained from the test book of the final assessment test items for the odd semester of the Indonesian language subject at SMP Negeri 4 Tarakan in the 2021/2022 academic year The data analysis was carried out based on the cognitive domain and operational verbs of Bloom's Taxonomy The results of this research indicated that the odd semester final assessment test items of Indonesian language subject for Grade VII at SMP Negen 4 Tarakan in the 2021/2022 academic year consisted of the cognitive domains C1, C2, C3, C4, and C5 which were more dominated by CI (knowledge) as many as 65% (26 items). C2 got 17 5% (7 items) C3 earned 7.5% (3 items), C4 gained 7 5% (3 items), and C5 obtained 25% (1 item) The distribution of LOTS and HOTS questions in odd semester final assessment test items of Indonesian language subject for Grade VII at SMP Neger 4 Tarakan showed that LOTS questions consisted of C1-C3 which obtained 90% (36 items) and HOTS questions contained C4-C6 which attained 10% (4 items) Keywords: Test Items Analysis, Cognitive Domain, Bloom's Taxonomy

Detail Informasi