
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (IPA, SBK, BI) DI Kelas I SDN 009 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung
Pengarang : Linda Agustinawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas I SDN 009 Sesayap Hilir yang selama ini di rasa masih kurang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ulangan semester 1 tahun ajaran 2011/2012 yang masih rendah. Dari 12 siswa hanya 3 siswa yang mendapat nilai diatas 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA (Benda Langit dan Peristiwa Alam) SDN No 009 Sesayap Hilir.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam empat tahap yaitu, merencanakan, melaksanakan, mengamati dan melakukan refleksi. Sedang subjek penelitiannya adalah siswa kelas I SDN. 009 Sesayap Hilir. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus pada siklus I nilai rata-rata kelas 58,3, pada siklus ke II nilai rata-rata kelas 65,8, dan siklus ke III nilai rata-rata kelas 80,8.
Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Strategi Pemberian Reward (Hadiah) dapat meningkat hasil belajar IPA (materi mengenal Benda Langit dan Peristiwa Alam) siswa kelas I SDN No 009 Sesayap Hilir.
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru diharapkan dapat menggunakan metode yang tepat dalam hal ini Pemberian Reward (Hadiah). Selain dari pada itu guru di harapkan dapat menciptakan kondisi kelas yang kondusif selama proses pembelajaran.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Tematik
This classroom action research conducted to improve learning outcomes grade science students I SDN 009 Sesayap Hilir which had been considered still minus. It can be seen from the test results 1st half year 2011/2012 is still low. Of the 12 students only 3 students who scored above 70. The purpose of this research is to improve learning outcomes IPA (Sky Objects and Events Nature) SDN No. 009 Sesayap Hilir. This research is a classroom action research conducted in four phases: plan, implement, observe and reflect. The subject of this research is the first grade students of SDN. 009 Sesayap Hilir. This research was conducted in three cycles in the first cycle the average value of grade 58.3, the cycle II class average value of 65.8, and cycle to the third class average value of 80.8. Based on the results of the study it can be concluded that by using Giving Strategies Reward (Prize) can increase learning outcomes IPA (subject identify sky Object and Events Nature) first grade students of SDN No. 009 Sesayap Hilir. To improve student learning outcomes, teachers are expected to use the right method in this case Giving Reward (Prize). Apart from that the teacher is expected to create conditions conducive class during the learning process. Keywords: Study Result, Science, Model Thematic Learning