
Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi FPB Dan KPK Di Kelas IV SDN 005 Sesayap
Pengarang : Lenny Yuliati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok kecil dikelas IV SDN 005 Sesayap Kabupaten Tana Tidung.
Penelitian ini merupakan penelitian siswa kelas IV SDN 005 Sesayap Kabupaten Tana Tidung yang memiliki nilai matematika tidak tuntas (dibawah KKM 6,0). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran diskusi kelompok kecil dikelas IV SDN 005 Sesayap dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan aktifitas siswa dan membantu guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.
This study aims to improve student learning outcomes by using a learning method in class IV small group discussions SDN 005 Sesayap Tidung Tana. This research is a fourth-grade students of SDN 005 Sesayap Tana Tidung who have not completed grade mtematika (KKM under 6.0). Data was collected through observation and achievement test. The results of this study indicate that the use of small group discussion method of learning in class IV SDN 005 Sesayap can improve student learning outcomes, increase the activity of students and assist teachers in designing and implementing learning activities.