
Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Pelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Di SDN 007 Tanjung Palas Utara
Pengarang : Laden Ding - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PGSD SI Universitas Borneo Tarakan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III SD Negeri 007 Tanjung Palas Utara pada mata pelajaran Matematika dengan permasalahan siswa tidak mampu memahami materi pelajaran Pecahan Sederhana oleh siswa di kelas III semester II , hal ini karena hasil belajar yang diperoleh siswa kelas III saat pelaksanaan tes hasil belajar amat rendah, karena sebahagian besar siswa tidak mampu menulis atau menyalin huruf tegak bersambung dengan benar.
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan media gambar. Hasil yang diperoleh setelah dilaksanakan pola pembelajaran dengan menggunakan media gambar yaitu semula rata-rata kelas hasil belajar siklus I di bawah nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 65,00 sedangkan pada siklus II meningkat mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65,00 dan siswa tuntas secara klasikal dengan skor nilai rata-rata kelas meningkat yaitu 66,90. Berdasarkan uraian di atas bahwa pembelajaran matematika dengan berbantuan media gambar mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika materi mengenal pecahan sederhana.
Teacher Education Study Program Elementary PGSD SI Borneo Tarakan University, Faculty of Teacher Training and Education to improve student learning outcomes Class III Elementary School 007 North Tanjung Palas Mathematics with problem students are not able to understand the subject matter Denomination Simple by students in the class III semesters II, this is because the results obtained studying third grade students learned during the implementation of the test results is very low, partly because the students are not able to write or copy letters continued upright properly. Purpose of execution of this research is to improve student learning outcomes in the class III Mathematics using media images. The results obtained after the implemented learning patterns with the original image using the media class average yield learning cycles KKM I below a predetermined value is 65.00, while the second cycle increased to KKM 65.00 and determined that students complete in the classical with average scores increasing class is 66.90. Based on the above that mathematics learning with media-assisted image can improve student learning outcomes in third grade math material to know simple fractions.