Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKN Tentang Organisasi Menggunakan Media Gambar Berbasis TIK Pada Siswa Kelas V.B SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKN Tentang Organisasi Menggunakan Media Gambar Berbasis TIK Pada Siswa Kelas V.B SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKN Tentang Organisasi Menggunakan Media Gambar Berbasis TIK Pada Siswa Kelas V.B SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung

Pengarang : Kurniah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan awal diketahui bahwa pembelajaran PPKn kelas V.B SDN Sesayap Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung belum terlaksana secara optimal. Kenyataan ini tampak dari suasana aktivitas aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas V.B SDN 009 Sesayap sebelum diterapkannya penggunaan media gambar berbasis TIK; (2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas V.B SDN 009 Sesayap setelah diterapkannya penggunaan media gambar; dan (3) ada tidaknya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media gambar berbasis TIK dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas V.B SDN 009 Sesayap.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus tindakan, masing-masing siklus terdiri atas 4 (empat) tahap kegiatan, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian meliputi guru dan siswa kelas V,B SDN 009 Sesayap.
Berdasarkan temuan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn sebelum diterapkannya penggunaan media gambar dapat diketahui, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58.88, setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan media gambar berbasis TIK nilai ratarata siswa pada siklus I menjadi 62.9 dengan persentase ketuntasan sebesar 67%, dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 82.2 dan persentase ketuntasan sebesar 94%.
Bertolak dari kesimpulan temuan penelitian, dikemukakan beberapa saran: (1) bagi guru, agar penggunaan media gambar dalam pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar dapat lebih ditingkatkan secara maksimal dan efektif, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa ke arah yang lebih baik, (2) bagi kepala sekolah, upaya pemberian supervisi dan bimbingan kepada guru berkaitan dengan penerapan penggunaan media pembelajaran dalam pelajaran PPKn maupun mata pelajaran lainnya di Sekolah Dasar, sehingga dapat memotivasi guru dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar sehingga hasil belajar siswa semakin baik, dan (3) bagi peneliti lain, perlu upaya penelitian lanjut berkaitan dengan pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ke arah yang lebih baik sehingga dapat melengkapi hasil kajian yang telah ada.

Based on the preliminary observations in mind that Civils learning at class V.B of SDN 009 Sesayap Tana Sub Sesayap Tidung not been implemented optimally. This fact is evident from the atmosphere activities students' learning activities. This study aimed to describe: (1) student's Civils learning at class V.B of SDN 009 Sesayap before applying the use of lCT-based Picture media, (2) the learning outcomes of students in Civils learning in class V.B SDN 009 Sesayap after the implementation of the use of media Pictures, and (3) the existence of an increase in students' learning activities using lCT-based Picture media Civils learning in class V.B SDN 009 Sesayap. This study uses Classroom Action Research (CAR) with two cycles of action, each cycle consisting of 4 (four) stages of activity, namely: (1) action planning, (2) the implementation of the action, (3) observation, and (4) reflection action. Subjects of study include teachers and students of class V.B SDN 009 Sesayap. Based on the findings it is concluded that (1) the learning outcomes of students in learning Civils before applying the use of media Pictures can be seen, the average student learning outcomes at 58.88, after implementing learning using lCT-based Picture media value of the average student in the first cycle to 62.9 the percentage of completeness of 67%, and in the second cycle average student learning outcomes and the percentage increased to 82.2 at 94% completeness. Starting from the conclusion of the study's findings, put forward some suggestions: (1) for teachers, so that the use of media Pictures in Civils learning in elementary schools can be improved optimally and effectively, so as to improve student achievement toward the better, (2) for principal, efforts to provide supervision and guidance to teachers relating to the application of the use of media and learning in lessons Civils other subjects in elementary school, so as to motivate teachers in improving learning activities so that students better learning outcomes, and (3) for other researchers , need further research efforts related to learning in primary school Civils through Classroom Action Research (CAR) in the direction of the better so as to complement the existing research results.

Detail Informasi