
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA, Bahasa Indonesia Dan PPKN Menggunakan Model Pembelajaran Tematik Di Kelas 1 SDN 004 Sesayap
Pengarang : Jamhari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran tematik pada siswa kelas I SDN 004 Sesayap Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Secara khusus penelitian ini bertujuan : (1). Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui pembelajaran tematik; (2).Mengetahui apakah melalui pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes hasil belajar, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaksi, yaitu keterkaitan antara tiga komponen antara lain : pengumpulan data/reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulakan : Pertama pelaksanaan pembelajaran IPA melalui pembelajaran tematik di kelas I SDN 004 Sesayap Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung dapat berjalan efektif, tujuan indikator dapat tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran tematik. Kedua Penerapan metode pembelajaran tematik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I SDN 004 Sesayap Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Hal ini dilihat dengan persentase siswa yang mendapat nilai terus meningkat dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah pelajaran IPA 61.8, pelajaran Bahasa Indonesia 36 dan PPKN sebesar 36 meningkat dalam siklus II menjadi pelajaran IPA 78.9, pelajaran Bahasa Indonesia 79.3 dan PPKN sebesar 72.3. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa melalui pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 004 Sesayap Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung tahun pelajaran 2011/2012.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Tematik
The purpose of this research is to improve science learning outcomes using the model of thematic learning in class I SDN 004 Sesayap Tana Sub Sesayap Tidung. In particular, this study aims to: (1). Describe the implementation of learning through thematic learning, (2). Knowing whether through thematic learning can improve student learning outcomes class I. This study uses classroom action research that contains lines of inquiry include four stages, starting from planning, action, observation and reflection. The four stages of a cycle. The research took place in three cycles. Data collection techniques in this study is documentation, test learning outcomes, and the observation sheet. The data analysis technique used is the interaction analysis model, the relationship between the three components are: data collection / data reduction, data presentation and conclusion / verification. The results of this class action can disimpulakan: First implementation science learning through thematic learning in first grade Elementary School District 004 Sesayap Sesayap Tana Tidung be effective, objective indicators can be achieved in accordance with the purpose of learning by implementing thematic learning. Second Application of thematic learning methods to improve student achievement grade I SDN 004 Sesayap Tana Sub Sesayap Tidung. This is seen by the percentage of students who score increased from cycle I to cycle II. In the first cycle the average value of 61.8 students are learning science, Indonesian Language PPKN 36 and $ 36 increase in the second cycle into science lessons 78.9, 79.3 and Indonesian Language PPKN of 72.3. Thus it can be made a recommendation that through thematic learning can improve student learning outcomes SDN 004 class I Sesayap Tana Sub Sesayap Tidung school year 2011/2012. Keywords: Student Results, Thematic Learning