
Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar PPKN Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Sesayap Melalui Penggunaan Media Gambar
Pengarang : Iskandar - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Laporan Penelitian Tindakan Kelas masalah didalam penelitian dirumuskan “ bagaimanah penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil dan minat belajar PPKN siswa kelas IV SDN 005 Sesayap?”.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil dan minat belajar PPKN siswa kelas IV SDN 005 Sesayap.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas IV SDN 005 Sesayap yakni dengan meningkatnya nilai hasil belajar siswa setiap siklus.
This Research was conducted to in crease the yield and grade students interest in learning PPKN IV SDN 005 Sesayap through the use of media images. The research was classroom action conducted in SDN 005 Sesayap learning in the II year 2011/2012 with grade 4 study subjects SDN 005 Sesayap. Classroom action research was conducted in two cycles, each consisting of four stages planning, action, observation and reflection. Data collection techniques used were test, questionnaires and document. Data analysis technique used is qualitative data analysis techniques and analysis quantitative data. The results showed that by using media images can improve learning out comes of students grade IV PPKN SDN 005 Sesayap in crease value students learning out comes of each cycle.