
Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Energi Dan Perubahannya Pada Siswa Kelas IV SDN 010 Sesayap
Pengarang : Husmadia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode eksperimen pada pembelajaran IPA tentang energi dan perubahannya di kelas IV SDN 010 Sesayap tahun pelajaran 2011/2012, mengetahui aktivitas atau karakter siswa dalam proses pembelajaran IPA, dan mengetahui kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran IPA. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 5 orang siswa yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan sebagai subjeknya. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan instumen tes berupa soal essay yang diberikan pada setiap akhir pertemuan atau pembelajaran, lembar observasi siswa sebagai bahan analisis keaktifan atau karakter siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan lembar observasi guru sebagai bahan analisis kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Analisis data tes siswa menunjukkan ketuntasan belajar 100% pada siklus 1 dan siklus 2 serta peningkatan hasil belajar mencapai 7%, aktivitas siswa menunjukkan peningkatan sebesar 11, 7%, dan kemampuan guru dalam pembelajaran memperoleh nilai 70,9 pada siklus 1 meningkat menjadi 77,2 pada siklus 2, dari paparan analisis ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA tentang energi dan perubahannya pada siswa kelas IV SDN 010 Sesayap dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat mengaktifkan siswa dan dapat membantu guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.
The Use of Experimal Method to Improve the Studens’ Natural Science Learning Adchivement on Energy and Its Changes at Classs IV of SDN 010 Sesayap. The goals of conducting this research were to know the increase of the students’ sorentific achievement after applying the experimal method on teaching science about energy and its change, to recognize the students’ activity or their characters in teaching learning process, and also to comprend the teacher’s ability to conduct science teaching process. The respondents of this research consisted of 3 males and 2 females. Then, data collection methods applied the essay test given at the end of meeting, the observation sheet for the analytical subject of the students’ activity or their character in teaching learning process, and the observation sheet intended for the analytical subject of the teacher’s ability in conducting teaching learning process. The results of test data analysis showed the students’ set achievement of 100% in the first and the second cycles with the its increase of 7%, meanwhile, thestudents activity successfully got 11,7% for its increase and 70,9% of the teachers ability abtamed in the first cycle ranging up word to 77,2% in the second cycle. From these findmss, it could be concluded that the use of the experimental method in teaching science under the topic of energy and its change could in crease the students achievement, activate them, and assist the teacher in designing and conducting teaching learning process.