Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Pembelajaran STAD Pada Siswa Di Kelas IV-A SD Negeri 001 Sesayap Kabupaten Tana Tidung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Pembelajaran STAD Pada Siswa Di Kelas IV-A SD Negeri  001 Sesayap Kabupaten Tana Tidung

Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Pembelajaran STAD Pada Siswa Di Kelas IV-A SD Negeri 001 Sesayap Kabupaten Tana Tidung

Pengarang : Heronimus Redong - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan atau sasaran Penelitian ini adalah untuk memperbaiki hasil belajar Siswa menurut materi Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat yang diajarkan melalui metode pembelajaran STAD dikelas IVA SDN 001Sesayap Kabupaten Tana Tidung Tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siswa Kelas IVA SD Negeri 001 SesayapKabupaten Tana Tidung yang berjumlah 30 siswa. Sebagai instrumen dalam penelitian adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Data yang diperoleh secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran STAD hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan, silus I, siswa yang tidak tuntas sebanyak 18 orang (60%), yang tuntas sebanyak 12 orang (40%) dan pada siklus II yang tidak tuntas 9 orang (30%) sedangkan yang tuntas 21 orang (70%).
Hasil pembelajaran diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS yang diajarkan melalui pembelajaran kooperatif model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta dapat menumbuhkan aktivitas siswa dan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS di sekolah dasar.

The objective of this research was to improve the social science learning achievementthrough cooperative learning method model STAD at class IV-A of SDN 001 SesayapKabupatenTanaTidung in academic year 2011/2012. This research used the design of Classroom Action Research (CAR) which was carried out at the students of class IV-A SDN 001 SesayapKabupatenTanaTidung. The number of students consisted of 30 students. To obtain the data, the researcher employed three kinds of reasearch instrument, namely: achievement test, observation sheet for teacher activity, and observation sheet for students activity. The data then were analyzed quantitatively and qualitatively. The result of this research showed that the use of the cooperative learning method model STAD improved the students’ learning achievement from cycle to cycle. In the first cycle, the students who did not passed the passing grade were 18 students (60%) and those who were passed were 12 students (60%). In the second cycle, the students who did not passed the passing grade became smaller in which there were 9 students (30%) and those who were passed were 21 students (70%). So, the indicator of success was achieved that was the minimal passing grade 65. It can be concluded that sosial science learning taught by using cooperative learning method model STAD could improve the students’ learning achievement and could help the teacher do with the social science learning in the elementary school.

Detail Informasi