Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Sifat-Sifat Cahaya) Melalui Model Pembelajaran Langsung Kelas V SDN 005 Sesayap | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Sifat-Sifat Cahaya) Melalui Model Pembelajaran Langsung Kelas V SDN 005 Sesayap

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Sifat-Sifat Cahaya) Melalui Model Pembelajaran Langsung Kelas V SDN 005 Sesayap

Pengarang : Henriyanti Wastuti P. - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pembelajaran IPA pada dasarnya merupakan ilmu yang lahir dan berkembang melalui langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, melakukan eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep. Salah satu model pembelajaran dan dapat digunakan untuk menunjang hasil belajar siswa adalah menggunakan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran langsung adalah model sebuah pengajaran yang bertujuan untuk membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dan pengetahuan yang dapat diajarkan langkah demi langkah.
Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengeamatandan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sifat-sifat cahaya melalui model pembelajaran langsung siswa kelas V SDN 005 Sesayap.
Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata adalah 58,94 dan pada siklus II 71,05. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 100% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar IPA pada materi sifat-sifat cahaya meningkat melalui model pembelajaran langsung.

Kata Kunci: Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Langsung

Learning science is basically a science that was born and developed through the steps of observation, formulation of problem, formulation of hypothesis, experiment, conclusion, and the discovery of the theory and concepts. One of the learning model and can be used to support student learning outcomes is to use direct instructional model. Direct instructional model is a model of teaching that aims to help students learn the basic skills and knowledge that can be taught step by step. The study used the model of Classroom Action Research (CAR) is a wide class research, conducted by the teacher to solve learning problems faced by teachers, to improve the quality and learning outcomes. The design of this study consisted of planning, implementation, reflection pengeamatandan. The experiment was conducted two cycles. This study aims to improve science learning outcomes in the material properties of light through direct instructional model 005 fifth grade students of SDN Sesayap. The results of this data analysis it can be concluded that the learning outcomes of students has increased from the first cycle the average value was 58.94 and 71.05 in the second cycle. Whereas in classical completeness reaches 100% so it is concluded that the results of science learning material properties of the light increases through direct instructional model. Keywords: Learning Outcomes and Learning Model Directly

Detail Informasi