
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika (Bangun Ruang) Menggunakan Media Dari Kardus Di Kelas V SDN 009 Sesayap Hilir
Pengarang : Hayati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika tentang bangun ruang dengan menggunakan media dari kardus dikelas V SDN 009 sesayap hilir tahun pembelajaran 2011/2012.
Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 12 siswa. Siswa laki-laki berjumlah 6 orang dan siswa perempuan berjumlah 6 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Siklus 1 dan siklus 2, masing-masing dilaksanakan sebanyak satu kali pertemuan dan satu kali tes hasil belajar. Dalam penelitian ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan pemberian tugas, sedangkan alat peraga yang digunakan adalah teknik pengumpulan data berupa lembar observasi untuk mengukur tingkat aktivitas siswa. Tes hasil belajar dilaksanakan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada setiap siklus.
Soal tes hasil belajar pada setiap siklus berbentuk uji tes. Nilai hasil belajar diperoleh dengan menganalisis data berupa nilai tes hasil belajar setiap siklus. Hasil belajar siswa mengalami dari siklus 1 nilai rata-rata adalah 61.45 dan pada siklus 2 sebesar 72.79. sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 91.67 %. Aktivitas guru pada siklus 1 dinilai cukup oleh observer, pada siklus 2 dan dinilai baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika bisa tercapai melalui alat peraga pada siswa kelas V SDN 009 sesayap hilir Pokok bahasa bangun ruang dengan menggunakan media dari kardus.
This research aims to improve student learning outcomes in mathematics lessons on geometry by using media of cardboard in class V SDN 009 Sesayap Hilir learning year 2011/2012. The number of students in this study were 12 students. Male students numbered 6 and female students amounted to 6 people. The experiment was conducted in two cycles. Cycle 1 and cycle 2, each run as one session and one test of learning outcomes. In this study, using lectures, demonstrations, discussion and administration tasks, while the props used were data collecting technique observation sheet to measure the activity levels of students. Achievement test conducted each end of the cycle to determine the learning outcome at each cycle. The question test results on each test cycle test form. The value of learning outcomes obtained by analyzingdata in the form of test scores each cycle of learning outcomes. Results of student learning experience of cycle 1 the average value is 61.45 and the second cycle of 72.79. whereas in classical completeness reached 91.67%. Teacher activity in cycle 1 was considered quite the observer, in cycle 2 and was rated good. Based on these results it can be concluded that the mathematics learning outcomes can be achieved through the props in class V SDN 009 Sesayap Hilir. The principal language of geometry using the media of cardboard.