Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Rina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Tarakan dengan populasi penelitian adalah kelas VIII tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sample random sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Pada analisis deskriptif nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 64,88 untuk kelas eksperimen dan 50,11 untuk kelas kontrol. Pada analisis Inferensial menggunakan taraf signifikan sebesar 5%. Berdasarkan hasil uji t (independent sample T-test) diperoleh nilai thitung = 6,295 dan ttabel = 1,999 dengan df = n – k = 64 – 2 = 62. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

This study aimed to investigate how Team Assisted Individualization (TAI) Cooperative Learning Model influenced the Mathematics problem-solving skills of 8th-grade students at SMP Negeri 9 Tarakan. The design was a quasi- experimental study with a Posttest Only Control Group design. The current investigation was carried out at SMP Negeri 9 Tarakan, with the research population being Eighth-grade students in the academic year 2022/2023. The sample was obtained by a random sampling technique. A mathematical problem- solving ability test instrument was used to collect data in this research. The average value of the experimental class in the descriptive analysis was higher than the average value of the control class, namely 64.88 for the experimental class and 50.11 for the control class Inferential analysis uses a significant level of 5%. The t- test (independent sample T-test) findings showed that t-count-6.295 and t-table- 1.999, with df=n-k-64-2-62. The result indicated that the Team Assisted Individualization (TAI) cooperative learning approach influences students' mathematics problem-solving abilities. Keywords: Team-Assisted Individualization (TAI) Cooperative Learning Model, Mathematics Problem-Solving Ability

Detail Informasi