
Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMPN 1 Malinau Utara
Pengarang : Ferry Crismiwanto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengatahui pengaruh penggunaan game online terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IX SMPN 1 Malinau Utara. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, populasi penelitian adalah siswa kelas IX A dan B SMPN 1 Malinau Utara. Sampel pada penelitian ini berjumblah 60 siswa, pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Validasi instrumen dilakukan dengan validasi konstruk menggunakan persaman Product Moment dan Alpha Cronbach pada uji reliabilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen lembar angket untuk mengukur penggunaan game online terhadap siswa dan dokumentasi untuk mengumpulkan data hasil belajar. teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Uji persyaratan berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data dan uji persyaratan dilakukan menggunakan bantuan SPSS. 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pengaruh penggunaan game online terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Malinau Utara berdasarkan tabel frekunsi berada pada katagori sedang dengan frekunsi 50 %. Hasil belajar siswa berdasarkan tabel frekunsi berada pada katagori kurang dengan persentase 35 %. Terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan game online dengan hasil belajar siswa SMPN 1 Malinau Utara namun bersifat negatif dengan taraf signifikan 5 % diperoleh nilai rhitung lebih besar dari rtabel ( - 0,767
< 0,254).
Kata Kunci: Game Online, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia.
This reseatch aimed to determine the effect of using online games on students’ learning achievement of Indonesia langue learning in class IX of SMPN 1 Malinau Utara. A correlational study was employed on the students of class IX A and B of SMPN 1 Malinau Utara. The total number of samples consisted of 60 students using a purposive sampling technique. The instrument validation was carried out with construct validation using the Product Moment and Cronbach’s Alpha equation. The data were collected using a questionnaire which was to measure the students’ use of online games and documentation to collect data on learning achievement. The data were then analyzed using product moment correlation. The pre-requisite tests of normality and homogeneity were done using SPSS version 26. The results showed that the effect of using online games on students’ learning achievement of Indonesia langueage learning at SMPN 1 Malinau Utara based pn the frequency table was in the moderate category with a frequency of 50 %. The students’ learning achievement based on the frequency table was in the poor category with a percentage of 35 %. There was a significant relationship between the use of online games and students’ leaning achievement at SMPN 1 Malinau Utara but it was negative with a significance level of 5 %, the value of r-test was greater then r-table (- 0,767 > 0.254 ). Keywords: Online Games, Learning Achievement, Indonesia Language.