Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Materi (Sifat Cahaya) Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas V-A SDN 001 Sesayap Kabupaten Tana Tidung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Materi (Sifat Cahaya) Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas V-A SDN 001 Sesayap Kabupaten Tana Tidung

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Materi (Sifat Cahaya) Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas V-A SDN 001 Sesayap Kabupaten Tana Tidung

Pengarang : Hasanah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran IPA (sifat Cahaya) menggunakan metode eksperimen di Kelas V A SDN 001 Sesayap Kabupaten Tana Tidung.
Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus.
Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 67.2 nilai rata-rata dan pada siklus II sebesar 81.6 Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 96% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa kelas V A dalam pembelajaran IPA (Sifat Cahaya) meningkat menggunakan metode ekperimen.

The research use the model class action research is a range of classes, research conducted by the teacher to solve learning problems faced by teacher, to improve the quality and learning outcomes. The design of this research consists of planning, implementation, observation and reflection. The research was carried out in two cycles. This research aims to improve the learning outcomes of students in learning the natural science (The Nature of Light) use experimental methods in class V A SDN 001 Sesayap Tana Tidung. The results of the analysis of this data it can be concluded that the results of student learning are on the increase of cycle I of 67.2 average value and cycle II of 81.6. While the completed in classical reaches 96% thus obtained the conclusion that learning outcomes grade V A in science learning (The Nature of Light) is increased using the method of experiments.

Detail Informasi