Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Yunita Kristiani Randa Layuk - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achivement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di smp negeri 7 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) Pemilihan desain ini bertujuan untuk mengetahui dampak/pengaruh yang dihasilkan setelah adanya pemberian perlakuan didalam kelas. Desain quasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan VIII-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan uji independent sample t test (Uji t). berdasarkan hasil analisis data akhir postes diperoleh nilai t hitung 4,266 dengan t tabel sebesar 1,998 karena t hitung ≥ t tabel dengan nilai signifikansi 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: STAD, Hasil Belajar

This study aimed to discover to discover the effect of the Coopeerative learning model Students Teams Achievement Divisios (STAD) on the learning outcomes of 7^th -grade students t SMP Negeri 7 tarakan. this research was conducted in the even semester of the 2022/2023 academic year. The type of research used was quasi experimental. This design selection was to determine the influence of administering treatment in the classroom. The quasi-experimental design in this research was the pretest-posttest control group design. This study’s population were all 7^th grade at SMP Negeri 7 Tarakan. A simple random sampling technique was applied. Class collection was completeded by learning achievement test. The descriptive analysis included arithmetic mean, and standard deviation-inferential analysis was used as the independent sample t-test (t-test). Based on the results of the final post-test data analysis, the value of t count was 4.266 with a t table of 1998 because t count ≥ t table, with a significance value was a 5%, so it can be concluded that the STAD Cooperative learning model influenced students’ learning outcomes. Keywords: STAD, Learning Outcomes

Detail Informasi