
Meningkatkan Minat, Keaktifan, Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Bangun Ruang Siswa Kelas IV SDN 014 Tanjung Palas
Pengarang : Halimah Sa’adiah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Meningkatkan Minat, Keaktifan, dan Hasil Belajar matematika dengan menggunakan alat peraga bangun ruang siswa kelas IV SDN 014 Tanjung Palas.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai 9 Mei tahun pembelajaran 2011/2012 dengan 4 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 014 Tanjung Palas tahun pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 8 siswa. Data diperoleh melalui observasi proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga bangun ruang serta pemberian tes pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, kriteria ketuntasan belajar klasikal pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 50% dengan rata-rata nilai sebesar 57,5 dan meningkat pada siklus II menjadi 75% dengan rata-rata nilai sebesar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga dapat meningkatkan minat, keaktifan, dan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang siswa kelas IV SDN Tanjung Palas.
Increasing Interest, Motivation, and Learning Outcomes mathematics using props wake-up panel space and fourth grade students of SDN 014 Tanjung Palas. The study carried out an Action Research Class. The study was conducted from March 1 to May 9 years of learning 2011/2012 with 4 meetings in 2 rounds. The subjects were fourth grade students learning SDN 014 Tanjung Palas year of learning 2011/2012, amounting to 8 students. Data obtained through the observation of the learning process by using props and wake-up flat space and the provision of testing at the end of each round. Based on the research conducted, the classical criteria of mastery learning in the first round of student learning outcomes by 50% with an average value of 57.5, and increased in the second round to 75% with an average value of 75. The results showed that props can increase interest, activity, and learning outcomes in mathematics material and wake-up room flat fourth grade students of SDN 014 Tanjung Palas.