
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Alat Peraga Garis Bilangan Di Kelas IV A SDN 001 Sesayap
Pengarang : Fike Mutomakin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan alat peraga garis bilangan di Kelas IVA SDN 001 Sesayap.
Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata adalah 64.7 dan pada siklus II sebesar 80. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 83.3% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa kelas IV A SDN 001 Sesayap meningkat pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat meningkat menggunakan alat peraga garis bilangan.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Number Line Model
The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the students’ mathematic achievement on sum and subtract the even number through number line model at fourth grade students of SD Negeri 001 Sesayap. The research was done also to improve the teaching and learning quality in teaching mathematic and solve the problems faced by the mathematics teacher. This research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and cognitive test. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 64.7 and the second cycle was 80, and its classical percentage was 83.3%. it indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using number line model. By understanding the result of this study, it can be concluded that the number line model can improve the student's mathematic achievement on sum and subtract the even number ata fourth Grade Students of SD Negeri 001 Sesayap. Keywords: Students’ Achievement, Number Line Model