Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Pesawat Sederhana Menggunakan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 009 Sesayap Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Pesawat Sederhana Menggunakan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 009 Sesayap Hilir

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Pesawat Sederhana Menggunakan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 009 Sesayap Hilir

Pengarang : Erni Rusnitah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar melalui metode sksperimen dikelas V SDN 009 Sesayap Hilir.
Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain peneltian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Alat penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Data yang dikumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata adalah 66,5 dan pada siklus II sebesar 73,5. Sedangkan standar kriteria ketuntasan minimal pada pembelajaran IPA adalah 74,6. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada materi energy gerak meningkatkan melalui model eksperimen pada siswa kelas V SDN 009 Sesayap Hilir.

This research aims to improve learning outcomes through sksperimen method in class V SDN 009 Sesayap downstream. The study used the model of Action Research (PTK) is a wide-class research, conducted by the teacher to solve the problems faced by the teacher learning, to improve the quality and learning outcomes. Design of this research consists of planning, implementation, observation and reflection. The experiment was conducted in two cycles. The research tool is the achievement test and observation sheet activities of teachers and students. The data collected were analyzed quantitatively and qualitatively. Results of the analysis of this data can be concluded that the learning outcomes of students has increased from the first cycle the average value is 66.5 and the second cycle of 73.5. Whereas the standard minimum completeness criteria in learning science was 74.6. It was concluded that the IPA learning results in the material energy of motion increases through an experimental model in class V SDN 009 Sesayap downstream.

Detail Informasi