Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Berbantuan Alat Peraga Di Kelas V SDN 005 Sesayap Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Berbantuan Alat Peraga Di Kelas V SDN 005 Sesayap Hilir

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Berbantuan Alat Peraga Di Kelas V SDN 005 Sesayap Hilir

Pengarang : Ely Erfina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SDN 005 Sesayap Hilir. Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata adalah 78 dan pada siklus II sebesar 83. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 100% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen berbantuan alat peraga di kelas V SDN 005 Sesayap Hilir meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran IPA tentang cahaya dan sifat- sifatnya.

Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Dengan Menggunakan Metode Ekperimen Berbantuan Alat Peraga

This research used classroom action research model that is classroom research variety conducted by teacher to solve learning problems. The research design consists of plaining, implementation, observation, and reflection. This research was conducted two cycles. This research aimed to improve student’s learning achievement of natural science learning on Light and its characteristic using experimental method aided by visual aid in Grade 5 students of SDN 005 Sesayap Hilir. Data analysis result could be concluded that student’s learning achievement having improvement from first cycle with average score 78 to second cycle with average score 83. Meanwhile, the classical completeness was 100%, so it could be concluded that learning process using experimental method aided by visual aid in Grade 5 students of SDN 005 Sesayap hilir improved student’s activities of natural science learning and its characteristic. Keywords: Improving Student’s Learning Achievement of Natural Science Learning on Light and Its Characteristic Using Experimental Method Aided by Visual Aid

Detail Informasi