
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pendekatan Bermain Pada Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Gantung Kelas IV SDN 008 Sesayap Tahun Ajaran 2011/2012
Pengarang : Doni Welli Yanto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya gantung melalui metode pendekatan bermain lompat katak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 008 Sesayap yang berjumlah 6 orang yang terdiri dari 3 laki – laki dan 3 orang perempuan.
Berdasarkan hasil rekapitulasi antara siklus seletah melalui pelaksanaan pendekatan bermain dalam lompat jauh gaya gantung pada siklus kedua menunjukan bahwa kemampuan lompat jauh gaya gantung siswa kelas IV di SDN 008 Sesayap mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukan dari nilai rata – rata siswa setelah adanya pendekatan bermain pada siklus pertama diperoleh nilai 6,31 kemudian pada siklus kedua diperoleh nilai 7,75, dimana sebelumnya siswa hanya memperoleh nilai 6,27. ini berarti terjadi peningkatan yang sangat baik.
Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa ada peningkatan lompat jauh gaya gantung melalui pendekatan bermain pada siswa kelas IV di SDN 008 Sesayap.
Kata Kunci: Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pendekatan Bermain Pada Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Gantung
This research aims to increase the student’s skill of schnepper style long jump by the playing Approaching method. This research was on action research. The subject of this research was the fourth-grade student of SDN 008 Sesayap, who were six persons number, consisted of were boys and their girls. Based on the result of recapitulation among cycles which had been through by doing the playing approaching method at schenepper style long jump; the second cycle showed that the student’s skill of schenepper style long jump been increasing. That thing was showed by the student’s average values in the first cycle who obtained 6,31 value and then in second cycle they obtained 7,75 value, whereas the students only obtained 6,27 values before. It meant that there were increasing skill of Schnepper style. Long jump at the fourth grade of students of SDN 008 Sesayap. Keywords: Increasing the Student’s Skill of Schnepper Style Long Jump by the Playing Approaching Method