Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir

Pengarang : Dina Mariana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah pada siswa kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir dengan subjek penelitian berjumlah 15 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru, kegiatan siswa, dan lembar evaluasi tes hasil belajar.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktifitas siswa dan guru mengalami peningkatan yang cukup berarti dari siklus 1 hingga siklus 2. Hasil belajar siswa pun setiap siklus juga mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya presentase ketuntasan belajar setiap siklus. Pada tahap pratindakan presentase ketuntasan siswa 53,3% menjadi 73,3% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 100% pada siklus 2.
Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar Matematika penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir.

Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan menggunakan Pembelajaran Berdasarkan Masalah

The purpose of this research improved the students’ result learning of mathematic in the Tally of Integer Using Problem-Based Learning Method in the Class IV SDN 001 Sesayap Hilir. The kind of research was class-action research using two cycles. Each cycle consisted of four steps; planning, performing, observation and reflection. Subject of this research was the students of SDN 001 Sesayap Hilir class IV included in 15 students. The collecting data was performed using observation sheet of teacher activity, students’ activity, and evaluation test of the result learning. The result of the research showed that the students and the teacher’s activity were getting sufficient improvement from the first cycle to the second cycle. The students result learning was getting improvement in each cycle. That could be seen from the improvement of the percentage learning totality in each cycle. The percentage of learning totality in the pretest was 53, 3 % become 73, 3 % in the first cycle, furthermore improved until 100 % in the second cycle. Finally, it could be concluded that the application of problem-based learning could improve the students’ result learning of mathematic in the tally of integer in the class IV SDN 001 Sesayap Hilir. Keywords: The Improvement of Mathematic Result Learning Using Problem Based Learning

Detail Informasi