Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan TIK Di Kelas IV SD Negeri 013 Sesayap | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan TIK Di Kelas IV SD Negeri 013 Sesayap

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan TIK Di Kelas IV SD Negeri 013 Sesayap

Pengarang : Dahlia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti yang juga sebagai guru sebelum melakukan penelitian bahwa terdapat permasalahan-permasalahan siswa kelas IV SD Negeri 013 Sesayap diantaranya, lebih dari 50% siswa belum mencapai nilai KKM untuk mata pelajaran matematika yaitu 60. Hal ini disebabkan karena kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, kurangnya siswa dalam memahami konsep materi pembelajaran dan selama proses pembelajaran guru masih menggunakan cara lama yaitu metode ceramah sehingga siswa kebanyakan terfokus pada guru sebagai sumber dalam proses pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan melalui pembelajaran Picture and Picture berbantuan TIK di kelas IV SD Negeri 013 Sesayap Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 013 Sesayap yang berjumlah 10 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran picture and picture berbantuan TIK. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk hasil observasi dan kuantitatif untuk hasil belajar.
Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa nilai rata-rata tes tiap akhir siklus adalah sebagai berikut: nilai rata-rata sebelum PTK adalah 52,0 , pada siklus I meningkat menjadi 60,0 dan dari 10 siswa terdapat 60% siswa dinyatakan tuntas, dari siklus I nilai rata-rata 60,0 meningkat menjadi 68,5 pada siklus II dan dari 10 siswa terdapat 80% siswa dinyatakan tuntas. Selain itu, pada hasil observasi diperoleh aktivitas guru dinilai sangat baik dan aktivitas siswa pada siklus I dinilai baik serta pada siklus II untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa dinilai sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 013 Sesayap pada pokok bahasan pecahan setelah diterapkan model pembelajaran Picture and Picture mengalami peningkatan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi