
Pengembangan Permainan Edukatif (Permainan Detektif) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMK Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Sunarti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media pengembangan permainan edukatif (permainan detektif) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa di SMK Negeri 2 Tarakan, yang ditinjau berdasarkan dari validasi ahli media/ desain, ahli materi dan bahasa, serta kelayakan yang diperoleh dari respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) Prosedur penelitianan dan pengembangan dalam penelitian ini berdasarkan alur model penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi oleh Borg and Gall dalam Sugiyono (2015). Dimodifikasi dengan tahapan yaitu: 1)Potensi dan masalah, 2)Pengumpulan data, 3)Desain produk, 4)Validasi desain, 5)Revisi desain, 6)Uji coba produk, 7)Revisi Produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random sampling yang dilakukan dikelas XI SMK N 2 Tarakan sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data hasil validasi yang diperoleh dari ahli media/desain sebesar 79% dengan kategori layak, ditinjau dari penilaian yang dilakukan berdasarkan aspek penilaian kelayakan sebuah media. Hasil validasi ahli materi serta bahasa memperoleh presentase 96% dan terkategori sangat layak ditinjau dari materi dan bahasa yang relevan dengan kompetensi siswa. Hasil respon siswa pada uji coba pemakaian memperoleh hasil 89,93% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan dari berbagai penilaian dari validator ahli media/ desain, ahli materi da bahasa, serta respon siswa maka media permainan edukatif (permainan detektif) dinyatakan sangat layak digunakan dalam proses layanan.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Permainan Edukatif, Permainan Detektif
This study aimed to determine how the feasibility of educational game development media (detective games) to improve students' critical thinking skills at SMK Negeri 2 Tarakan, which was reviewed based on the validation of media or design experts, material and language experts, as well as the feasibility obtained from student responses The type of research used Research and Development (R&D) research. The research and development procedure in this study was based on the flow of the research and development model modified by Borg and Gall in Sugiyono (2015). It was modified with stages, namely (1) Potential and problems, (2) Data collection, (3) Product design, (4) Design validation, (5) Design revision, (6) Product trial, (7) Product revision. The data collection instruments were validation sheets and student response questionnaires. The sampling technique used simple random sampling conducted in class XI SMK N 2 Tarakan as many as 30 students Data analysis techniques obtained from media or design experts amounted to 79% with the feasible category, in terms of the assessment carried out based on aspects of assessing the feasibility of a media. The results of material and language expert validation obtained a percentage of 96% and were categorized as very worthy of review of material and language relevant to student competence. The results of student responses in the usage trial obtained 89.93% results with a very decent category. Therefore, it can be concluded from various assessments of media or design expert validators, material, language experts, and student responses, the educational game media (detective games) was very suitable for use in concealing service process. Keywords: Development, Educational Game Media, Detective Games