
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Konsep Sumber Daya Alam Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung
Pengarang : Bustaman - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir tahun pembelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 13 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Siklus I dan Siklus II masing-masing dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dengan dua kali proses pembelajaran dan satu kali tes hasil belajar.
Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi untuk mengukur tingkat aktivitas siswa dan lembar angket untuk mengetahui pendapat atau sikap siswa tentang pembelajaran IPS dalam konsep sumber daya alam . Tes hasil belajar, Bentuk tes dikerjakan dalam kelompok diskusi dilaksanakan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada setiap siklus.
Soal tes hasil belajar pada setiap siklus berbentuk uji tes dan unjuk kerja. Nilai hasil belajar diperoleh dengan menganalisis data berupa nilai tugas dan nilai tes hasil belajar tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata rata hasil belajar pada siklus I ketuntasan secara keseluruhan mencapai 54%, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari tingkat ketuntasan secara keseluruhan 31% dari tingkat ketuntasan 85%. Aktivitas guru pada siklus I dinilai cukup oleh observer, pada siklus II dinilai baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode diskusi pada materi pokok sumber daya alam di kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir mengalami peningkatan.
This research aims to determine the use of the method of discussion, in this learning can improve learning outcome of students class IV SDN 006 Sesayap Hilir learning year 2011/2012 with number of students 13 students. Research do two cycles. Cycle I and cycle II each done twice meeting with twice learning process and once achievement test. Data collection techniques such as observation sheet to measure the level of student activity and sheet questionnaire to determine students’ opinion or attitudes about learning IPS in the concept of natural resources. Achievement test. Tests do in form of discussion groups hold each end of the cycle to determine the learning outcome at each cycle. Question the test result in the form of learning in every cycle test and a test to work. The value of learning outcome obtained by analyzing data in the form of value assignment and learn the value of test results of each cycle. The results showed an increase in the average value of learning outcomes in the cycle I completeness totaled 54% form cycle I to cycle II increased from the level of completeness as a whole 31% of the level of completeness 85%. The activities of teachers in the cycle I considered sufficient by the observer, in the cycle II is considered good. Base on the results of this study concluded that through the method of discussion on the subject matter of natural resources in class IV SDN 006 Sesayap Hilir has increased.