Meningkatkan Kemampuan Speaking Pada Materi Shopping Melalui Metode Role-Play Siswa Kelas IV A SD Negeri 002 Bunyu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Speaking Pada Materi Shopping Melalui Metode Role-Play Siswa Kelas IV A SD Negeri 002 Bunyu

Meningkatkan Kemampuan Speaking Pada Materi Shopping Melalui Metode Role-Play Siswa Kelas IV A SD Negeri 002 Bunyu

Pengarang : Carito - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Di SD Negeri 002 Bunyu, proses pengajaran Bahasa Inggris di SDN 002 Bunyu masih didominasi oleh guru, sehingga aktifitas siswa masih kurang. Sehingga hal ini mempengaruhi prestasi siswa. Untuk mengatasi hal tersebut guru harus bisa menggunakan metode yang sesuai.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan speaking pada materi shopping melalui metode role-play siswa kelas IVA SD Negeri 002 Bunyu. Menjadi Seorang guru harus menciptakan kreatif, inovatif selama proses pembelajaran di dalam kelas, khususnya pada saat belajar speaking. Role-Play adalah salah satu alternative untuk menciptakan pelajaran Bahasa Inggris menjadi lebih menarik di sekolah dasar dan bisa mengimplementasikanya.
Penelitan ini adalah penelitian tindakan kelas, yang telah di lakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari planning, implementing, observing dan reflecting. Teknik pengumpulan data di peroleh kegiatan siswa yang diambil dari observasi. Penelitian ini di mulai dari 26 Apri 2012 sampai dengan 2 mei 2012 dengan empat kali pertemuan dalam dua siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri 002 Bunyu yang terdiri dari 18 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian siklus satu, rata - rata kemampuan speaking siswa adalah 65 dan mencapai 72,22 persen, sementara pada siklus ke dua rata - rata siswa mencapai 68 dan 88,88 persen. Penelitian ini menunjukan bahwa dengan metode role-play prestasi kemampuan speaking mengalami peningkatan pada siswa kelas IVA SD Negeri 002 Bunyu Tahun pembelajaran 2011/2012.

In SDN 002 Bunyu, the English learning process is still dominated by the teacher so the activity of the students in the class is still lack, thus it influences the students achievement. To overcome this problem, the teacher should use suitable method. The objective of this study is to increase the students’ speaking achievement on shopping material by applying the Role-Play method to the students in the fourth grade of SDN 002 Bunyu. A teacher is required to create active, inovative, and interactive class during the learning process, especialy teaching of speaking. Role-Play is one of alternative method to make English to be interesting subject in elementary school and can be implemented to achieve the goal. The research of this study is classroom action research that has been done in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data obtained in this study includes students learning activity taken from observation. The study began from April 26 until May 2, 2012 with 4 meeting in 2 cycles. The subject was students of the fourth grade of SDN 002 Bunyu that consist of 18 students. Based on the result of the study at the first cycle, the students’ speaking achievement is 65 and the percentage of learning completeness is 72,22% while in second cycles, the students’ speaking achievement is 69 and percentage of learning completeness is 88,88%. This study shows that there is improvement on students’ speaking achievement through role-play in the fourth grade of SDN 002 Bunyu in academic year 2011/2012.

Detail Informasi