
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Demontrasi Dengan Bantuan Media Gambar Di Kelas V SDN 002 Tanjung Palas
Pengarang : Bunadi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika pada materi sifat-sifat bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi dengan bantuan media gambar di kelas V SDN. 002 Tanjung Palas?, untuk memperoleh strategi pembelajaran yang baik dan sesuai dengan materi yang akan dibahas, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam dunia pendidikan.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN. 002 Tanjung Palas dengan subjek penelititan adalah guru yang mengajar di kelas V pelajaran matematika.
Pengumpulan data dengan menggunakan terhadap siswa kelas V yang berjumlah 10 siswa, sebagai penambahan sumber data penelitian juga melakukan Wawancara dan Observasi terhadap guru yang mengajar di kelas V.
Adapun hasil penyebaran maka diperoleh siswa yang menyatakanbahwa penggunaan metode demonstrasi dalam proses megajar matematika, siswa dengan pernyataan berkategori baik diperoleh persentase 80% dari 10 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam melaksanakan pengaruh penggunaan metode demonstrasi di kelas V dalam mata pelajaran matematika dikategorikan baik, karena siswa-siswa yang memiliki hasil belajar kurang dapat mengoptimalkan prestasinya dengan hasil belajar yang lebih baik dan optimal melalui metode yang tepat dalam menyampaikan materi yang akan diberikan.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi Hasil Belajar
Formulation of the problem in this study is, How to improve math learning outcomes on the material properties of a flat wake demonstration using the model of learning with the help of media images in class V SDN. 002 Tanjung Palas?, To obtain a good learning strategies and in accordance with the material to be covered, and to improve student learning outcomes in education. This study was conducted in SDN. 002 penelititan Tanjung Palas with the subject is the teacher who taught fifth grade math. Data collection using the class V students totaling 10 students, as additional sources of research data also did interviews and observations of teachers who teach in class V. The spread of the results obtained by students who menyatakanbahwa use demonstration method in the process megajar math, students with a statement obtained categorized as either percentage of 80% of the 10 students. Based on these results through observation it can be concluded that the role of teachers in implementing the demonstration effect of the use of the method in the class V in math categorized either, because students who have learning outcomes are less able to optimize performance with a better learning outcome and optimal through methods right in presenting the material to be provided. Keywords: Demonstration Method of Learning Outcomes