
Kemampuan Pemahaman Konsep Dalam Soal Literasi Matematika Pada Siswa Kelas VIII-2 Di SMP Negeri 14 Tarakan
Pengarang : Veronica Selvina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Permasalahan penelitian ini terkait dengan kemampuan pemahaman konsep pada peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita. Kemampuan pemahaman konsep sangat penting dalam pembelajaran matematika, karena melalui pemahaman konsep pembelajaran akan lebih mudah dipahami. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemahaman konsep pada penyelesaian soal sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII-2 dalam konteks literasi matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga peserta didik kelas VIII-2 menggunakan teknik purposive sampling kategori pemahaman konsep dengan satu peserta didik berkemampuan tinggi, satu peserta didik berkemampuan sedang, dan satu peserta didik berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data penelitian menggunakan teknik triagulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep sistem persamaan linear dua variabel peserta didik pada kategori tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal literasi matematika masih rendah. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep tersebut didasarkan pada kesalahan yang dilakukan masing-masing subjek. Ada tiga indikator kemampuan pemahaman konsep matematis diantaranya: menyatakan ulang sebuah konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, dan mengaplikasikan konsep ke pemecahan masalah diantaranya subjek belum mampu membaca dan memahami perintah yang dituliskan pada soal literasi matematika, subjek juga belum tepat dalam menuliskan informasi tentang soal literasi matematika meliputi apa yang diketahui dan yang ditanyakan, subjek juga kurang tepat dalam asumsi memisalkan variabel pertama dan kedua, serta subjek juga kurang tepat dalam penggunaan metode penyelesaian soal literasi matematika.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Literasi Matematika
Understanding concepts is crucial for learning mathematics because it makes the subject easier to comprehend. This study aimed to describe how well students in class VIII-2 understand the concept of solving problems involving a system of two linear equations. This study was Qualitative method. A purposive sampling technique was used to select three research participants from class VIII-2, with one high-ability student, one medium-ability student, and one low-ability student Analyzing documents and conducting interviews were used as data collection methods. Data reduction, presentation, and conclusion-making were all included in the data analysis. The source triangulation technique was to assess the reliability of the research data. The findings of this study showed that students in the high, medium, and low categories still had a limited understanding of a system of linear equations with two variables. The errors committed by each participant were the cause of the low level of conceptual understanding. The student's inability to read and comprehend the instructions on mathematical literacy questions and their lack of proficiency in writing down information regarding these questions, including what is already known, were three indicators of their understanding of mathematical concepts. These indicators included restating a concept, presenting the concept in various forms of mathematical representation, and applying the concept to problem-solving. Keywords: Understanding of Mathematical Concepts, Mathematical Literacy