Meningkatkan Hasil Belajar PKN Tentang Organisasi Lingkungan Sekolah Dan Masyarakat Dengan Model STAD Siswa Kelas V SDN 005 Sesayap Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKN Tentang Organisasi Lingkungan Sekolah Dan Masyarakat Dengan Model STAD Siswa Kelas V SDN 005 Sesayap Hilir

Meningkatkan Hasil Belajar PKN Tentang Organisasi Lingkungan Sekolah Dan Masyarakat Dengan Model STAD Siswa Kelas V SDN 005 Sesayap Hilir

Pengarang : Asma - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn tentang organisasi lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakatdi kelas V SDN 005 Sesayap Hilir. Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata adalah 70 dan pada siklus II sebesar 86. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 100% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode Stad di kelas V SDN 005 Sesayap Hilir meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran PKn tentang Organisasi Sekolah dan lingkungan masyarakat.

Kata Kunci: Organisasi Lingkungan Sekolah dan Masyarakat, Model STAD

This research used classroom action research model that is classroom research variety conducted by teacher to solve learning problems. The research design consists of planning, implementation, observation, and reflection. This research was conducted two cycles. This research aimed to improve student’s learning achievement of civic learning on society and school environmental organization using STAD model in Grade 5 students of SDN 005 Sesayap Hilir. Data analysis result could be concluded that student’s learning achievement having improvement from first cycle with average score 70 to second cycle with average score 85. Meanwhile, the classical completeness was 100%, so it could be concluded that learning process using Stad model in Grade 5 students of SDN 005 Sesayap Hilir improved student’s activities of civic learning on society and school environmental organization. Keywords: Society and school environmental organization, STAD Model

Detail Informasi