
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyederhanakan Dan Mengurutkan Pecahan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Di Kelas VI A SDN 001 Sesayap
Pengarang : Asdiana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran menyederhanakan dan mengurutkan pecahan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas VI A SDN 001 Sesayap.
Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus.
Alat penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktifitas guru dan siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara diskripsi kuantitatif.
Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata 67 dan pada siklus II sebesar 80. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 90%. Peneliitian ini di simpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam menyederhanakan dan mengurutkan pecahan meningkat dengan menggunakan metode kooperatif tipe NHT di kelas VI SDN 001 Sesayap.
The objective of this research was to improve the students’ Improve Students’ Learning Achievement in Simplifying and Sorting the Fraction by using Cooperative Learning Method Type NHT at Class VI A SDN 001 Sesayap. This research used the classroom Action Research (PTK). This research was conducted by the teacher to solve learning problems faced by teachers, to improve the quality and learning outcomes. The design of this research consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The research was carried out in two cycles. To obtain the data, the test and observation sheet for teacher and students’ activities were used. Then, the data were analyzed using descriptive quantitative. The results of the analysis of this data can be concluded that the results of student learning increased in cycle I average 65 and 80 cycles II. While the classical completed in achieving 90%. This research conclusion that the results obtained studying students in simplifying and sorting the fraction increase with the used of cooperative methods at class VI A type NHT SDN 001 Sesayap.