Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia) Di Kelas I B SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia) Di Kelas I B SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia) Di Kelas I B SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung

Pengarang : Arfah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Siswa menggunakan Model Pembelajaran Tematik pada siswa kelas I.B SDN 009 Sesayap Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Secara khusus penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui Pembelajaran Tematik; (2) Mengetahui apakah melalui pembelajaran Tematik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas I.B.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes hasil belajar, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaksi, yaitu keterkaitan antara tiga komponen antara lain : pengumpulan data/reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulakan : Pertama pelaksanaan pembelajaran IPA melalui pembelajaran tematik di kelas IB SDN 009 Sesayap Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung dapat berjalan efektif, tujuan indikator dapat tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran tematik. Kedua Penerapan metode pembelajaran tematik dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas I.b SDN 009 Sesayap Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Hal ini dilihat dengan persentase siswa yang mendapatnilai terus meningkat dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 65.5. Pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 75.75. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa melalui pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IB SDN 009 Sesayap Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung tahun pelajaran 2011/2012.

The purpose of this research is to improve science learning outcomes using the model of thematic learning in class IB Elementary School District 009 Sesayap Tidung Tana. In particular, this study aims to: (1). Describe the implementation of learning through thematic learning, (2). Knowing whether through thematic learning can improve student learning outcomes science class I.B. Study used action research methods class that contains lines of inquiry include four stages, starting from planning, action, observation and reflection. The four stages of a cycle. The research took place in two cycles. Data collection techniques in this study is documentation, test learning outcomes, and the observation sheet. The data analysis technique used is the interaction analysis model, the relationship between the three components are: data collection / data reduction, data presentation and conclusion / verification. The results of this class action can concluded: First implementation science learning through thematic learning in class IB Elementary School District 009 Sesayap Tana Tidung be effective, objective indicators can be achieved in accordance with the purpose of learning by implementing thematic learning. Second Application of thematic learning methods to improve student achievement IPA SDN 009 l.B. class Sesayap Tana Sub Sesayap Tidung. This is seen by the percentage of students who score increased from cycle I to cycle II. In the first cycle the average value is 65.5 students.In the second cycle the average grade is 75.75. Thus, it can be made a recommendation that through thematic learning can improve student learning outcomes Sesayap class IB Elementary School District 009 Sesayap Tana Tidung school year 2011/2012.

Detail Informasi