Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1C Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Model Pembelajaran Tematik SDN 001 Sesayap | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1C Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Model Pembelajaran Tematik SDN 001 Sesayap

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1C Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Model Pembelajaran Tematik SDN 001 Sesayap

Pengarang : Andi Rosnigawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Tematik dengan menggunakan media kartu bilangan siswa kelas IC SD Negeri 001 Sesayap Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini selama 2 kali pertemuan.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IC SD Negeri 001 Sesayap Kabupaten Tana Tidung sebanyak 28 orang. Instrumen penelitian dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk tes dan pedoman observasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis diperoleh skor rata-rata hasil belajar Tematik siklus I dengan penerapan media kartu bilangan adalah 61,43 untuk mata pelajaran Matematika, 63,39 mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan 64, 29 pada mata pelajaran IPA. Sedangkan skor rata-rata pada siklus II untuk setiap mata pelajaran adalah serta 73,57 pada mata pelajaran Matematika, 74,29 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, serta 73,57 pada mata pelajaran IPA. Nilai rata rata tersebut lebih tinggi dari kriteria ketuntasan minimmal (KKM) yaitu nilai 65 artinya penerapan media kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar Tematik siswa kelas 1c SD Negeri 001 sesayap Kabupaten Tana Tidung.

Kata Kunci: Media Kartu Bilangan Model Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar Siswa

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi