
Meningkatkan Kemampuan Gerak Ritmik Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Kelas IV SDN 012 Sesayap Tahun Pembelajaran 2011-2012
Pengarang : Ali Yusni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tahun Pelajaran 2011/2012 Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagimanakah meningkatkan ketrampilan permainan Gerak Ritmik dengan menerapkan pembelajaran Demonstrasi? (b) Bagaimana pengaruh pembelajaran Demonstrasi terhadap permainan Gerak Ritmik?
Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui peningkatan ketrampilan permainan Gerak Ritmik dengan menerapkan pembelajaran Demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan pengamatan, Refleksi dan refisi Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas IV dari data diperoleh berupa hasil tes praktik , lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisa didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatakan dari siklus I (6,29), siklus II (7,88). Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Demonstrasi dapat berpengaruh terhadap kemampuan Gerak Ritmik pada siswa SDN 012 Sesayap serta model pembejalaran dapat digunakan sebagai salah satu alternative penjas.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Kemampuan Gerak Ritmik Siswa
The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve The Students’ Rhythmic Achievement through Demonstration Method at Fourth Grade Students of SD Negeri 012 Sesayap. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 6,29 and the second cycle was 7,88. It indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by Demonstration method. By understanding the result of this study, it can be concluded that the Demonstration Method can improve The Students’ Rhytmic Achievement through Demonstration Method at Fourth Grade Students of SD Negeri 012 Sesayap. Keywords: Demonstration Method, Students’ Rhythmic Achievement