
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Tentang Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Matematika Realistik Di Kelas IV SDN 006 Sesayap Kabupaten Tana Tidung
Pengarang : Ajuan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik pada pelajaran matematika topik penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SDN 006 Sesayap. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 006 Sesayap tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 9 siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Masing masing siklus dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes tertulis dan observasi. Data dari hasil tes tertulis yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis untuk menentukan nilai prestasi belajar siswa, rata-rata kelas, daya serap dan ketuntasan belajar klasikal. Sedangkan data hasil observasi dianalisis melalui display data dan analisis aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran.
Hasil penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Perencanaan meliputi pembuatan RPP yang sama seperti RPP pada umumnya tetapi memiliki kekhususan pada kegiatan pembelajaran yang mengacu kepada prinsip dan karakteristik pendekatan matematika realistik. Pelaksanaan pembelajaran melibatkan aktivitas guru dan siswa, guru berperan sebagai fasilitator dan siswa aktif dalam pembelajaran menggunakan alat peraga, permainan-permainan, dan keterkaitan dengan nilai pada kehidupan sehari-hari. Hasil belajar menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I sampai II dengan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 65.7 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 71.4%. Pada siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 77.9 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam operasi penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SDN 006 Sesayap. Untuk itu disarankan pada guru kelas IV untuk menggunakan pendekatan matematika realistik dalam pembelajaran karena dengan menggunakan pendekatan matematika realistik siswa secara bertahap memulai pembelajaran dari hal yang paling konkret menuju ke abstrak dan menggunakan pengalaman siswa sebagai dasar pembelajaran.
Kata Kunci: Matematik Realistik, Hasil Belajar Siswa
The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve The Students’ Achievement on Learning Mathematics about sum integer Through Realistic Mathematics at Fourth Grade Students in SDN 006 Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Based on the result of research in first cycle the number of percentage was 71.4% and the second cycle was 100 %. While, the students’ score average on the first circle was 65.7 and the second cycle was 77.9. It indicates that students have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that Realistic Mathematics can improve The Students’ Achievement on Learning Mathematics about sum integer Through Realistic Mathematics at Fourth Grade Students in SDN 006 Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Keywords: Realistic Mathematics, Students’ Achievement