
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Perubahan Lingkungan) Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas IV SDN 013 Sesayap Kabupaten Tana Tidung
Pengarang : Afita Martalia Andrinas Putri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Latar belakang penelitian ini diantaranya ialah merupakan tuntutan Nasional sejalan dengan perkembangan dan kemajuan masyarakat yang berimplementasi secara nyata dalam program pendidikan dan kurikulum sekolah guna meningkatkan mutu sumber daya manusia.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Perubahan Lingkungan) pada siswa kelas IV SDN 013 Sesayap menggunakan metode Eksperimen sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian, upaya yang dilakukan dalam pembenahan terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan optimalisasi hasil belajar siswa belum dilaksanakan dengan maksimal. Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam menigkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA diantaranya rendahnya motivasi dan minat belajar siswa. Diharapkan dengan menggunakan metode eksperimen ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Background for this research is national necessity which in line with public community development and improvement that implemented for real in education program and school curriculum in order to raise the quality of Human Resources. To upgrade the result of student learning at 4th grade SDN 013 Sesayap was the objective for this research, by using experimental method as a one alternative during learning progress. Based on this research, the efforts for tidy up the aspect that related to optimizing the result of student learning haven’t doing in maximum yet. There are few constrain that must be facing in order to rise up the result of student learning, which one of those are lack of motivation and the passion from student itself to learn. In final aim, by using experimental method the result of student learning can be improved.