Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Energi Melalui Metode Eksperimen Di Kelas VI B SDN 001 Sesayap | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Energi Melalui Metode Eksperimen Di Kelas VI B SDN 001 Sesayap

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Energi Melalui Metode Eksperimen Di Kelas VI B SDN 001 Sesayap

Pengarang : Abdul Manaf - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi energi melalui model eksperimen siswa kelas VI B SDN 001 Sesayap.
Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Alat penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata adalah 69.6 dan pada siklus II sebesar 80.7. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 88.5%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada materi energi meningkat melalui model eksperimen siswa kelas VI B SDN 001 sesayap.

Kata Kunci: Metode Experimen, Prestasi Siswa

The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the students’ natural science achievement on energy through experiment method at fourth grade students of SD Negeri 001 Sesayap. The research was done also to improve the teaching and learning quality. This research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and cognitive test. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 69.6 and the second cycle was 80.7. It indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using experiment method. By understanding the result of this study, it can be concluded that the experiment method can improve the students’ natural science achievement on energy at Fourth Grade Students of SD Negeri 001 Sesayap. Keywords: Experiment Method, Students’ Achievement

Detail Informasi