Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 001 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 001 Tanjung Palas

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 001 Tanjung Palas

Pengarang : Abdul Manaf - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatakan hasil belajar siswa Dengan Metode Demonstrasi Pada kelas V Dalam Mata Pelajaran IPA”. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan metode demonstrasi pada kelas V dalam mata pelajaran IPA SDN 001 Tanjung Palas, untuk memperoleh strategi pembelajaran yang baik dan sesuai dengan materi yang akan dibahas, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam dunia pendidikan.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 001 Tanjung Palas dengan subjek penelitian adalah guru yang mengajar di kelas V pelajaran IPA.
Pengumpulan data dengan mengunakan terhadap siswa Kelas V yang berjumlah 10 siswa, sebagai penambahan sumber data penelitian juga melakukan Wawancara dan Observasi terhadap guru yang mengajar di kelas V.
Ada pun hasil penyebaran maka diperoleh siswa yang menyatakan bahwa penggunaan metode demontrasi dalam proses belajar mengajar IPA, siswa dengan pernyataan berkatagori baik diperoleh persentase 80 % dari 10 siswa
Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam melaksanakan penggaruh penggunaan metode demontrasi di Kelas V dalam mata pelajaran IPA dikategorikan baik, karena siswa-siswa yang memiliki hasil belajar kurang dapat mengoptimalkan prestasinya dengan hasil belajar yang lebih baik dan optimal melalui metode yang tepat dalam menyampaikan materi yang akan diberikan.

Kata Kunci: Metode, Demontrasi, Hasil, Belajar

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi