Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN 009 Tanjung Palas Menggunakan Model Pengajaran Langsung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN 009 Tanjung Palas Menggunakan Model Pengajaran Langsung

Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN 009 Tanjung Palas Menggunakan Model Pengajaran Langsung

Pengarang : Abd. Rahman - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 009 Tanjung Palas Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, dan tes pada setiap akhir siklus. Bentuk tes pilihan ganda dan bersifat individu. Soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 009 Tanjung palas yang jumlah 25 siswa, dengan menggunakan model pengajaran langsung.
Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 009 Tanjung Palas dalam materi perubahan lingkungan fisik dengan menggunakan Model Pengajaran langsung. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai siswa yaitu 59,69 dan 69,32.

Kata Kunci: Model Pengajaran Langsung

The aim of this research is to find out the increase of result of study of the fourth grade students of SDN 009 Tanjung Palas about physical environment changes subject. The data collections are taken from observation and test every final cycle. The test form is multiple choice and done individually. The questions are made by the research and used for certain instruction which have been done. The result of research analysis shows that there is an increase of study of the forth grade students of SDN 009 Tanjung Palas in which the number of students are 25 (twenty five) by using direct teaching method. The result of result analysis shows that there is an increase of study of the fourth grade students of SDN 009 Tanjung Palas in physical environment changes by using direct teaching method. It can be seen from the average scores which are obtained by the students, they are 35,63 and 69,32. Therefore, one of the efforts which can be done to increase the result of study of IPA for the students is by using the direct teaching method. Keywords: The Direct Teaching Method

Detail Informasi