
Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Kontrol Perilaku Terhadap Niat Beli Produk Ikat Kepala (Singal) Suku Tidung Di Kota Tarakan
Pengarang : Rizky Chandra Bachari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap niat beli ikat kepala (singal) suku tidung di Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denga menggunakan metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 280 sampel penelitian. Uji validitas menggunakan uji confirmatory factor analysis (CFA), uji realibilitas menggunakan Cronbach alpha, uji normalitas menggunakan kolmogorov Smirnov dan uji regresi berganda. Analisis data menggunakan software SPSS Model 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat beli seseorang, variabel norma subjektif memiliki pengaruh yang posisitf dan signifikan terhadap niat beli seseorang, dan variabel kontrol perilaku memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli seseorang. Dalam hal ini terjadi karena semakin kuat sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku seseorang maka semakin kuat juga niat beli seseorang. Penelitian ini dapat berkontribusi dengan memberikan pemahaman serta meningkatkan niat beli masyarakat tentang warisan budaya yang hampir punah khususnya produk ikat kepala (singal) suku tidung di Kota Tarakan maupun di Kalimantan Utara.
The study aimed to determine the influence of attitudes, subjective norms, and behavioral control on the purchase intention of Tidung tribal headband (Singal) products in Tarakan City. This study used a quantitative approach using survey methods. The sampling method was nonprobability sampling with a sampling technique using purposive sampling with a total sample of 280 respondents where the sample in this study was the people of Tarakan City. The tests used validity tests using confirmatory factor analysis (CFA) tests, reliability tests using Cronbach Alpha coefficients, normality tests using Kolmogorov Smirnov test and multiple regression tests. Data analysis used SPSS Model 23 software. The results showed that attitude variables have a positive and significant influence on a person's purchase intention, Subjective norm variables have a positional and significant influence on a person's purchase intention, and behavioral control variables have a positive and significant influence on a person's purchase intent. In this case, it happens because the stronger one's attitudes, subjective norms, and behavioral controls, the stronger one's purchase intention. This research can contribute by providing understanding and increasing people's purchasing intentions about endangered cultural heritage, especially Tidung tribe headband (Singal) products in Tarakan City and in North Kalimantan.