
Penggunaan Wacana Persuasi Dalam Bahasa Iklan Layanan Masyarakat (Kajian Analisis Wacana)
Pengarang : Al Ayyub - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wacana persuasi yang terdapat dalam iklan layanan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh oleh iklan layanan masyarakat yang terdapat di media cetak. Data penelitian ini adalah wacana persuasi dalam bahasa iklan layanan masyarakat. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik baca, simak, dan catat. Artinya peneliti membaca teks secara keseluruhan dan memahaminya serta pencatatan dengan cermat dan teliti. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengunaan wacana persuasi dalam bahasa iklan layanan masyarakat memiliki unsur-unsur penting di dalam penyusunan iklan, antara lain adanya sasaran yang jelas, ada penanggung jawab iklan, bahasa yang digunakan harus menarik, ada slogan iklan, serta adanya foto yang menunjukan maksud tujuan dari iklan tersebut. Jumlah seluruh yang ditemukan dalam penelitian penggunaan wacana persuasi dalam bahasa iklan layanan masyarakat berjumlah 35 data wacana persuasi. Penggunaan wacana persuasi terdiri dari berbagai macam iklan layanan masyarakat. pengunaan wacana persuasi yang terbanyak berdasarkan klasifikasi adalah iklan pendidikan yaitu sebanyak 14 data iklan pendidikan merupakan iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang berkaitan dengan pendidikan. Iklan Lalu lintas sebanyak 6 data iklan lalu lintas bahwa iklan lalu lintas berisi ajakan kepada masyarakat untuk selalu senatiasa menanati peraturan. iklan Kesehatan sebanyak 9 data iklan yang berusaha untuk mengajak masyarakat ataupun pembaca untuk memulai kesehatan dalam diri sendiri. Iklan Kebersihan sebanyak 1 data iklan kebersihan merupakan iklan yang mengajarkan kita pentingnya kebersihan untuk kehidupan. Iklan Mengehemat energi 1 data Iklan menghemat energi merupakan iklan yang mengajarkan kepada kita bahwa sumber energi dalam kehidupan sangat penting.Iklan Jasa sebanyak 3 data iklan jasa yaitu iklan yang memberikan pelayanan kepada konsumen terhadap usaha yang dilakukan.
This study aims to describe the persuasion discourse contained in public service advertisements. The method used in this study is a qualitative descriptive method. Sources of data in this study were obtained by public service advertisements contained in print media. The data of this research is the persuasion discourse in the language of public service advertising. the data in this study were obtained by reading, reading, and note-taking techniques. This means that researchers read the text as a whole and understand it and record it carefully and carefully. Based on the results of the study concluded that the use of persuasion discourse in the language of public service advertisements has important elements in the preparation of advertisements, including the existence of clear targets, there is a person in charge of advertising, the language used must be interesting, there are ad slogans, and the photos that show the purpose of the ad. The total number found in the study of the use of persuasion discourse in the language of public service advertisements amounted to 35 data on persuasion discourse. The use of persuasion discourse consists of various kinds of public service advertisements. the use of the most persuasive discourse based on classification is educational advertising that is as much as 14 data on educational advertising is an advertisement that presents social messages relating to education. Traffic Advertisements are 6 traffic ad data that traffic advertisements contain an invitation to the public to always obey the rules. Health advertisements as many as 9 ad data that seeks to invite people or readers to start health in themselves. Cleaning ads as much as 1 cleaning ad data is an ad that teaches us the importance of cleanliness for life. Advertising Save energy 1 data Energy-saving advertising is an advertisement that teaches us that the source of energy in life is very important. Service advertising is as much as 3 data advertising services, namely advertisements that provide services to consumers.