Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Ekskresi Sebagai Bahan Belajar Mandiri Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Ekskresi Sebagai Bahan Belajar Mandiri Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Tarakan

Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Ekskresi Sebagai Bahan Belajar Mandiri Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Tarakan

Pengarang : Fitri Mariana Valentinus - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Modul salah satu bahan ajar yang dirancang secara sistematis berdasarkan kurikulum yang berlaku dan dikemas dalam bentuk satuan pembelajaran terkecil untuk membantu siswa dalam melakukan pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran IPA terpadu sebagai bahan belajar mandiri siswa pada kelas VIII yang layak dan menganalisis respons siswa mengenai modul pembelajaran IPA Terpadu sebagai bahan belajar mandiri untuk siswa kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan 4D (define, design, development, dan disseminate) dan pengembangan dilakukan hanya sampai pada tahap development. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar respons siswa dan lembar validasi. Data penelitian dianalisis melalui uji kelayakan dan respons siswa dengan menggunakan kriteria penilaian skala likert. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh validator ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan ahli praktisi (guru IPA). Uji coba terbatas dilakukan di SMP Negeri 11 Tarakan pada kelas VIII sebanyak 30 siswa. Hasil pengembangan modul pembelajaran memperoleh hasil validasi ahli media 90% (sangat layak), ahli materi 83% (sangat layak), ahli bahasa 92% (sangat layak), ahli praktisi (guru IPA) 98% (sangat layak), dan respons siswa 89% (sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA terpadu sistem ekskresi manusia untuk siswa SMP kelas VIII yang telah dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak dan sangat baik sebagai bahan belajar mandiri siswa.

Kata Kunci : Modul pembelajaran, Penelitian dan pengembangan, Sistem ekskresi manusia

A module is one of teaching materials that are systematically designed based on the applicable curriculum and packaged in the form of the smallest learning unit to help students learn independently. This research aimed to produce an integrated IPA learning module as an independent study material for eighth grade students and analyze student responses regarding the Integrated IPA learning module as an independent study material for eighth grade students. Research and development (R&D) was the methodology employed, with the 4D development model (define, design, develop, and disseminate) being used solely up until the development stage. The data collection instruments used in this research were student response sheets and validation sheet. The research data was analyzed through the feasibility test and student response using the linkert scale assessment criteria. Product feasibility testing was done by media expert, subject matter experts, linguists, and expert pratitioners (IPA teachers). Up to 3 pupils from class VIII participated in a small trial at SMP Negeri 11 Tarakan. The findings revealed that the validation results from media experts were 90% (very eligible), material experts were 83% (very eligible), linguists were 92% (very eligible), practitioner experts (IPA instructors) were 98% (very eligible), and student response was 89% (very good). In conclusion, the grade VIII junior high school students integrated IPA learning module on the human excretory system that was created met the criteria for being a very feasible and excellent resource for students to use independently. Keywords : Learning module, Research and development, Human excretory system

Detail Informasi