
Pengembangan Atlas Tumbuhan Dikotil Sebagai Suplemen Sumber Belajar Biologi Di SMA Kelas X
Pengarang : Lilis Kusmawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk Atlas sebagai sumber belajar untuk SMA pada materi Plantae. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reserarch and Development (R&D) dengan model Borg and Gall (1983). Langkah-langkah penelitian ini meliputi penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk dan revisi produk. Analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan produk Atlas diperoleh nilai validasi dari ahli media dengan rata-rata 93% (sangat layak), ahli materi dengan rata-rata 75% (layak), dan praktisi dengan rata-rata 97% (sangat layak). Uji coba produk dilakukan dengan uji coba terbatas dengan jumlah sampel sebanyak 12 siswa kelas X di SMA Negeri 3 Tarakan, hasil yang diperoleh rata-rata 92% (sangat layak). Hasil validasi dan uji coba produk respon siswa diperoleh rata-rata 89,2% dengan kategori sangat layak.
Kata Kunci: Atlas, Tumbuhan Dikotil, Sumber Belajar.
The purpose of this study is to determine the feasibility of using Atlas products as a high school learning resource for Plantae content. The type of research used Research and Development (R&D) with the Borg and Gall model (1983). Initial investigation and data gathering, planning, initial product creation, product trials, and product revision were the processes in this study. Data analysis using descriptive qualitative and kuantitative. The results of Atlas product development obtained validation scores from media experts with an average of 93% ( very feasible), material experts with an average of 75% (feasible), and practitioners with an average of 97% ( very feasible). 12 class X students were used as a sample size for a small trial of a product At SMA Negeri 3 Tarakan. The results averaged 92%, which is highly realistic. An average of 89.2% with a “very feasible” category was obtained in the validation and student response product testing. Keywords : Atlas, Dicotyledonous Plants, Learning Resources.