
Penggunaan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 049 Juata Laut Tarakan
Pengarang : Yulianus - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa pada pokok bahasan “ Jasa Para Tokoh dalam Mempertahankan Kemerdekaan” dengan menggunakan peta konsep di kelas V SDN 049 Juata Laut tahun pelajaran 2011/2012.
Instrumen penelitian untuk memperoleh data pengembangan siswa adalah observasi terhadap aktivitas siswa dan tes tertulis untuk hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya perkembangan yang dialami oleh siswa. Hasil belajar siswa meningkat sekitar 5,48%, sedangkan aktivitas meningkat sekitar 26,66 %.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah “penggunaan Peta Konsep” dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Peta Konsep
The Research Significant is to find out the improvement of result of social study about “Jasa para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan” by using mind mapping method on fifth grader of SDN 049 Juata Tarakan Academic Year 2011/2012. The research instruments to collect the data of student's improvement is by observing to the class activity and written test to the students’ results. Final analysis shows the students development. It improved for about 5,48% and students’ activity improved for about 26,66%. The conclusion that be found from the research of using mind mapping method in teaching process is able to improve. Keywords: Results Study, Mind Mapping