
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menemukan Pikiran Utama Pada Sebuah Cerita Dengan Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Siswa Kelas 4 SDN 010 Tarakan
Pengarang : Yuliana Silvia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penggunaan model pembelajaran oleh guru yang cenderung sama dalam kurun waktu yang lama akan membuat siswa merasa bosan, sehingga dapat mengakibatkan prestasi belajar siswa yang rendah. Untuk itu, dibutuhkan suatu alternatif model pembelajaran yang dapat membantu mengurangi rasa kebosanan siswa, salah satunya dengan modelpembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah CTL mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Menemukan Pikiran Utama mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 010 Tarakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada.
Pada penelitian ini digunakan penelitian tindakan kelas dengan metode dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 010 Tarakan. Adapun kelas yang menjadi subyek penelitian adalah kelas 4.2 SDN 010 Tarakan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terjadi peningkatan baik dari segi nilai, perilaku dan keterampilan siswa. Pada siklus kedua ini hasil tes yang didapatkan mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 57.17 pada siklus I menjadi 70 pada siklus II.
The using of learning model by teacher that is always same for century will make students bored, so it can cause a low outcome of students. So, it is needed an alternative of learning model that can help teacher to relieve students' boredom. One of alternative models is Contextual Teaching Learning (CTL). The problem in this research is, “Is CTL able to increase students Score in finding major idea in Bahasa Indonesia subject at SDN 010 Tarakan?” The goal of this research is to find solution of the problem. In this research, researcher used Classroom Action research with documentation and test method. This research took place at SDN 010 Tarakan and the subject is a class of 4.2. According to the research, there are increasing of students Score, behavior and creativities. In second cycle, the result of test showed the increasing of class Score, which is in first cycle, the average of class is 57,17 and become 70 in second one.