Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Berbicara Anak Tunarungu Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Di Kelas IV SDLB Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Berbicara Anak Tunarungu Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Di Kelas IV SDLB Kota Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Berbicara Anak Tunarungu Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Di Kelas IV SDLB Kota Tarakan

Pengarang : Yogi Septiyono - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan komunikasi berbicara anak tunarungu tentang energi dan Penggunaannya serta energi alternatif menggunakan media kartu Kata Bergambar pada subjek PTK siswa kelas IV SDLB Kota Tarakan.
Penelitian tindakan kelas PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember dan bertempat di SDLB Kota Tarakan kelas IV dengan jumlah siswa 4 orang. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan tes setiap siklus.
Dari hasil penelitian meningkatan kemampuan komunikasi berbicara anak tunarungu peserta didik kelas IV SDLB dengan menggunakan media Kartu Kata Bergambar dengan tingkat keberhasilan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru yang menunjukkan peningkatan dari siklus I hasil evaluasi 57.5 meningkat pada Siklus II menjadi 68.75.

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Tunarungu, Kartu Kata Bergambar

The goal of this research is to improve deaf mute students’ ability in speaking about energy and the utilization and alternative anergy using pictorial word card in classroom action research at fourth grade students of SLDB Tarakan city. This classroom action research held in 2 cycles, each cycle is consisting of planning, action, observation, reflection. This research held in December at fourth grade students of SLDB Tarakan city and the sample are 4 students. The instrument used in this research is observation and test in each cycle. The result of this research improving deaf mute students’ ability in speaking through pictorial-word card at fourth grade students of SLDB is very good. This case is come from the result of students’ activity observation and teacher activity which is show the improvement from cycle I with evaluation score is 57.5 become 68.75 in cycle II. Keywords: Deaf Mute, Pictorial-Word Card, Speaking

Detail Informasi