
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Pelajaran Peristiwa Alam Yang Terjadi Di Indonesia Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas VB Di SDN 009 Tarakan
Pengarang : Syahril - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Proses kegiatan belajar mengajar mata pelajaran IPA kelas VB di SDN 009 hampir sebahagian besar siswa tidak memahami dan menguasai terhadap konsep materi pelajaran IPA pada semester II yaitu Peristiwa alam yang terjadi di Indonesia. Siswa kelas VB pada kegiatan belajar mengajar kurang merespon materi pelajaran yang berdampak terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tindakan pra siklus penelitian terhadap kegiatan ulangan harian diperoleh nilai siswa yang tuntas hasil belajarnya hanya 5 orang siswa atau 13,9 % dari 36 orang siswa dengan nilai rata-rata hasil belajar yaitu 55,00 dalam satu kelas dengan KKM yang telah ditentukkan oleh guru yaitu 70, pada kegiatan pembelajaran IPA kelas V. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB dengan konsep menguasai materi pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan melaksanakan rangkaian tindakan pengumpulan data penelitian untuk melaksanakan tes pada setiap akhir tindakan pada kegiatan belajar siklus I dan siklus II.
Hasil peneltian yang diperoleh pada siklus I pertemuan mengajar I persentasi hasil belajar siswa kelas VB semula 27,8 % dan pada siklus I pertemuan mengajar II persentasi hasil belajar mengalami peningkatan sedikit yaitu 47,2 %. Pada pelaksanaan siklus II pertemuan mengajar I hasil belajar siswa kelas VB mengalami peningkatan hasil belajar yaitu dengan persentasi 61 % dan pada pelaksanaan siklus II pertemuan mengajar II hasil belajar memperoleh persentasi yaitu 88,9 % dengan nilai rata-rata hasil belajar mencapai ketuntasan belajar yang diinginkan yaitu 70,41. Penerapan pembelajaran ini diyakinkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB di SD Negeri 009 Tarakan serta mampu membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa. Dengan penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw mampu membentuk karakter siswa untuk dapat mengorganisasikan atau mengintegrasikan ketrampilan, atau kemampuan dalam kegiatan belajar IPA di kelas Vb dan maampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Jigsaw, Materi Peristiwa Alam
The process of teaching and learning science subjects in class Vb partly SDN nearly 009 of the students do not understand and master the concepts of materials science teaching semester are natural events that occurred in Indonesia. Vb graders at less responsive teaching and learning of the subject matter that impact student learning outcomes. Based on the results of the pre action research cycle of the daily test activities obtained values learning outcomes of students who completed only 5 students or 13.88% of 36 students with an average value of the learning outcomes in a class with a 55.00 which was decided by KKM teachers is 70, on science learning activities Class V. The purpose of this study was implemented to improve student learning outcomes with the concept of class Vb master the subject matter using a model Type Jigsaw Cooperative Learning. The research method used in this research is to carry out action research class courses of action research data collection for carrying out tests on each end of the action on the learning cycle I and cycle II. Other research results obtained in the first cycle of teaching I encounter an average student learning outcomes and class Vb is original 61.00 cycle I teach second meeting of the average value of 65.50. On the implementation of the second cycle of teaching I encounter the average yield grade increased Vb is 61.62 and the implementation of the teaching cycle II 74.00 II meeting with the average value of learning outcomes achieved the desired mastery learning is 70.41. The application of this study to be convinced to improve student learning outcomes in elementary school class Vb 009 Tarakan and be able to raise students' motivation and interest in learning. With the implementation of Cooperative Learning Jigsaw Type able to shape the character of the student to be able to organize or integrate skill, or ability in science learning activities in class Vb and can improve student learning outcomes. Keywords: Cooperative Learning, Jigsaw Learning Model, Events Nature Materials