Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Organ Pencernaan Dan Peredaran Darah Manusia) Menggunakan Media Gambar Berbasis TIK Di Kelas VA SDN 031 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Organ Pencernaan Dan Peredaran Darah Manusia) Menggunakan Media Gambar Berbasis TIK Di Kelas VA SDN 031 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Organ Pencernaan Dan Peredaran Darah Manusia) Menggunakan Media Gambar Berbasis TIK Di Kelas VA SDN 031 Tarakan

Pengarang : Sutarti Hasan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) telah dilaksanakan di SDN 031 Tarakan pada semester I tahun pembelajaran 2011/2012, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V-A SDN 031 Tarakan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Organ Pencernaan dan Peredaran Darah Manusia dengan menggunakan media gambar berbasis TIK. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap perilaku siswa dan tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda.
Hasil penelitian menunjukkan siklus I sebesar 73,68 dan siklus II meningkat menjadi 81,90. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Media Gambar Berbasis TIK dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Organ Pencernaan dan Peredaran Darah Manusia) di kelas VA SDN 031 Tarakan.

The Action Research had been held at SDN 031 Tarakan on the first semester in academic year 2011/2012. The research subject is the student of V-A of SDN 031 Tarakan. The purpose of the research was to improve students' achievement on Absorption Organ and Human Blood Circulation by Using Picture Media based on TIC. This research instrument which two cycles, where in each cycle consist of twice meetings. The research instrument used was observations list for the student and a multiple-choice question. Based on the result of study in the cycle 73,68 and in the second cycle increased to 81.90. by understanding the result of the study, it can be concluded that the implementation of using picture media based on TIC can improve students’ achievement on Science (Absorption Organ and Human Blood Circulation) at the fifth grade of SDN 031 Tarakan.

Detail Informasi