Penerapan Pendekatan Lingkungan Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV B SDN 001 Nunukan Selatan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Pendekatan Lingkungan Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV B SDN 001 Nunukan Selatan

Penerapan Pendekatan Lingkungan Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV B SDN 001 Nunukan Selatan

Pengarang : Firda Damayanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan lingkungan merupakan suatu pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar atau media belajar. Permasalahan pada penelitian ini yaitu kurangnya keaktifan belajar siswa, sehingga peneliti tertarik untuk menghubungkan antara pendekatan lingkungan dengan pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan pendekatan lingkungan pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas IV B SDN 001 Nunukan Selatan yang terdiri atas 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahapan-tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan lingkungan pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV B SDN 001 Nunukan Selatan. Pada siklus I hasil penilaian keaktifan belajar yang diperoleh sebesar 68% siswa yang aktif dari jumlah keseluruhan siswa dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 75% siswa yang aktif dari jumlah keseluruhan siswa. Kemudian keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh pada siklus I sebesar 80% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 90% dengan kategori sangat baik. Adapun hasil keaktifan belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 001 Nunukan Selatan.

Kata Kunci: Pendekatan Lingkungan, Pembelajaran Tematik, Keaktifan Belajar

The use of the surrounding natural environment as a learning resource or learning medium is known as thematic learning utilizing an environmental approach. The researcher was interested in tying the environmental approach to thematic learning together because the issue in this study is the dearth of active student learning. This study used an environmental approach to thematic learning in order to boost student learning activity. Classroom Action Research (CAR) was used, and the 28 students in class IV B at SDN 001 Nunukan Selatan served as the research subjects. This research was conducted in 2 cycles with the stages of each cycle namely planning, implementation, observation, and reflection. The results of this study indicated that applying an environmental approach to thematic learning increased the learning activity of class IV B students at SDN 001 Nunukan Selatan. In cycle I, the results of the assessment of learning activeness was obtained by 68% of students who were active from the total number of students and in cycle II, it experienced an increase reaching 75% of students who were active from the total number of students. The implementation of learning obtained in cycle I was 80% in the good category and in cycle II it increased to 90% in the very good category. The results of student learning activeness have achieved success indicators so this research is concluded to be successful in increasing the learning activeness of class IV students at SDN 001 Nunukan Selatan. Keyword: Environmental Approach, Thematic Learning, Active Learning

Detail Informasi